Kata notasi berasal dari Notation (Inggris) kalo di indonesia disebut Notasi  Musik yaitu seperangkat atau sistem lambang (tanda) yang menggambarkan bilangan (tentang aljabar), nada (tentang musik), dan ujaran(menurut KKBI), bisa dibilang notation/notasi adalah bentuk tertulis dari musik atau tulisan ekspresi hati manusia berupa bunyi.

Notasi musik merupakan tulisan yang berfungsi untuk memandu seseorang dalam bermain alat musik dan bernyanyi, not musik dapat berbentuk simbol baik angka maupun gambar.


  • Unsur Pokok Not Musik.


Not musik dalam arti luas terdiri dari dua unsur utama yaitu TitiNada dan Tanda istirahat, dan unsur not musik yang lain umpamanya  birama, tempo, dinamika,exspresi dan masih banyak yang lainnya mungkin untuk pembahasan yang ini nanti saya akan posting ke pembahasan berikutnya.

Sebelum membahas pengertian titinada dan tanda istirahat saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa pengertian bunyi dan nada.



* Bunyi.

Bunyi adalah getaran benda yang disampaikan oleh zat perantara sehingga dapat didengar telinga, ada dua macam bunyi yaitu bunyi teratur dan bunyi yang tidak teratur.

   ~ Bunyi teratur yaitu bunyi yang mempunyai jumlah getaran setiap detik dengan frekuensi yang

 tetap.

   ~ Bunyi tidak teratur yaitu bunyi yang getaran dan frekunsinya tidak tetap atau bisa di bilang bunyi yang asal-asalan.



* Nada.

Nada adalah bunyi yang teratur, tinggi rendahnya nada tergantung pada frekuensi yang dimiliki. Frekuensi semakin besar nada semakin tinggi dan frekuensi semakin kecil nada semakin rendah



* Titinada.

Titinada adalah bentuk tulisan yang berupa tanda atau simbol tertentu dari suatu nada.



* Tanda istirahat.

Tanda istirahat atau bisa disebut juga tanda diam adalah bentuk tulisan yang berupa tandatertentu dari diam atau tidak ada bunyi.


  • Pengelompokan Not Musik.



Not Musik ditinjau dari sifatnya dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu Not Musik Deskriptif dan Not Musik Preskriptif



  1. Not musik Deskriptif.



Not musik deskriptif adalah not musik yang hanya memuat garis besar atau pokok-pokoknya saja, not yang ada di indonesia kebanyakan bersifat deskriptif karena hanya memuat sebagian not saja seumpama not yang ada pada gamelan hanya memuat beberapa pukulan alat musik saron,kenong kendang dan gong. dalam not musik deskriptif terdapat not musik lingkaran, not musik huruf dan not musik angka. 

  

~ Not musik Lingkaran.

   Not musik lingkaran adalah not musik yang berbentuk lingkaran tertutup (●).

Dalam musik tradisional jawa terdapat dua macam not musik lingkaran yaitu not musik Rantai dan not musik Tangga.


       * Not Musik Rantai.

    Not Musik Rantai yaitu not musik berbentuk lingkaran tertutup pada tujuh buah garis horisontal atau datar yang dihubungkan dengan garis sehingga tampak seperti rantai.

       * Not Musik Tangga.

    Not Musik Tangga atau musi not andha yaitu not musik berbentuk lingkaran tertutup pada tujuh garis vertikal atau tegak yang dibaca dari atas ke bawah.




~ Not Musik Huruf.

Not Musik Huruf adalah not musik yang berbentuk huruf tertentu, di Indonesia terdapat tiga macam not huruf yaitu not musik Buhun, not musik Ding - Dong dan not musik Abjad.

      * Not Musik Buhun.

   Not Musik Buhun adalah not musik berbentuk tujuh huruf berasal dari sunda. berikut nama-nama notnya :

 1. S ~ Singgul      

 2. G ~ Gamiler

 3. P ~ Panelu

 4. U ~ Bungur

 5. L ~ Loran

 6. B ~ Barang

 7. O ~ Sorog






      * Not Musik Ding-Dong.


    Not Musik Ding - Dong yaitu not musik berbentuk tujuh huruf dengan berasal dari bali. berikut nama-nama notnya :


1. Hulu dibaca Ding


2. Tedong dibaca Dong


3. Taleng dibaca Deng


4. Suku Kembang dibaca Deung


5. Suku dibaca Dung


6. Cecek dibaca Dang


7. Pepet dibaca Daing






      * Not Musik Abjad.


     Not Musik Abjad adalah not musik yang berbentuk tujuh huruf latin C D E F G A B C, not ini dipakai pada musik umum atau not musik balok dengan nama mutlak. 






~ Not Musik Angka.






Not musik Angka



 



          







   







0 comments:

Post a Comment

 
agunge © 2012-2019 All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top