Dalam sajian musik pada dasarnya bersifat bebas tidak terbatas pada batasan apapun,tetapi kita harus tahu tentang bahasa dalam bermusik salah satu bahasa dalam musik adalah Notasi (Bahasa musik tertulis). Tujuan belajar notasi musik ialah agar kita sebagai pecinta musik atau sebagai musisi dapat membaca karya musik tertulis,dengan demikian diharapkan kita dapat menampilkan sebuah karya musik dengan lebih tepat sesuai yang dikehendaki oleh komposer kalau untuk tujuan buat diri sendiri supaya kita mampu mendokumentasikan karya-karya kita dalam bentuk notasi (Notasi Angka dan Balok) sebenarnya untuk belajar bahasa musik yang paling tepat adalah belajar notasi balok karena notasi ini berlaku secara universal di seluruh dunia meskipun demikian kita tidak boleh lupa dengan notasi yang sudah mengakar di masyarakat indonesia yaitu notasi angka. Ok supaya tidak berpanjang lebar yuk kita belajar notaisi ini,untuk pertama akan saya uraikan tentang notasi angka setelah itu notasi balok stay di sini ya........he222222





    Notasi Angka.


  Pengertian notasi angka yaitu notasi yang berupa angka, not angka yang dipakai di indonesia ada dua macam yaitu not angka diatonis dan pentatonis(not angka pada gamelan). Kalau ditarik kebelakang sebenarnya not angka sudah ada sejak jaman dahulu penciptanya adalah Joan Jacques Rousseau pada abad XVIII kemudian disempurnakan oleh Emile Cheve  yang hidup tahun 1804-1864 oleh karena itu pengajaran musik dengan not angka disebut metode Cheve, metode ini masuk di indonesia sejak tahun 1918 oleh karena itu not angka sangat akrab dengan pembelajaran musik di indonesia.


  Sebelum kita bahas tentang notasi angka coba kita cermati skema natasi angka di bawah ini :










  Lambang nada



  • Angka yang di gunakan dalam not ini adalah angka pada umumnya untuk angka 0 berfungsi sebagai not diam sedangkan angka 1-7 lambang solmisasi nada, untuk jarak not yang satu dengan yang lain sering disebut juga dengan istilah interval, ada dua macam jarak nada yaitu jarak satu dan jarak setengah.






















  • Titik dalam notasi angka berfungsi sebagai tanda oktaf (oktaf tinggi dan rendah) dan sebagai tanda panjang pendeknya suatu nada.





  • Garis miring/menyilang pada nada not angka menandakan not tersebut dinaikan atau di turunkan setengah nada, untuk garis miring ke kanan nada not tersebut dinaikan setengah nada dan sebaliknya untuk garis miring ke kiri nada not tersebut diturunkan setengah nada.






      Lambang Irama






  • Garis mendatar/garis horisontal di atas not adalah tanda nilai ketukan, garis ini dapat membagi nilai nada menjadi 1/2 , 1/4, 1/3 dan 1/6.


     








  •  Satu garis diatas membagi satu ketukan menjadi setengahan sehingga terdapat dua not dalam  satu ketuk.








  • Dua garis diatas membagi satu ketukan menjadi seperempat sehingga terdapat empat not         dalam satu ketuk.












  • Satu garis mendatar dengan angka tiga diatasnya sering disebut triol membagi satu ketukan      menjadi tiga not sehingga terdapat tiga not dalam satu ketuk.














  • Dua garis mendatar dengan angka enam diatasnya membagi satu ketukan                            menjadi enam not sehingga terdapat enam not dalam satu ketuk.




  • Garis Birama adalah garis yang membatasi beberapa not, Garis ini menunjukan pola irama yang tetap dalam suatu lagu (ostinato).

















  • Garis Legato/Garis lengkung adalah garis yang menunjukan bahwa nada-nada diatas garis ini di bunyikan secara berangkai tidak terputus-putus.





Lambang Khusus







  • Tanda Birama adalah tanda yang berfungsi menentukan banyaknya ketukan dalam sebuah birama/bar, contoh tanda birama adalah 4/4, 3/4, 2/4, 3/8 dll. Angka di atas menunjukan banyaknya ketukan tiap birama dan angka di bawah menunjukan nilai not pada setiap biramanya.













  • Tanda dinamika dan Tanda Tempo







15 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Untuk memainkan notasi yang ada titik di atas/bawah, pada recorder, bagaimana caranya ya?

    ReplyDelete
  3. 👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍

    ReplyDelete
  4. Maaf mau tanya, notasi angka ada jenis-jenisnya atau tidak?

    ReplyDelete
  5. wah sangat lengkap mas, untuk pemula seperti aku ini bisa jadi paham.

    ReplyDelete
  6. Wahh sangat membantu. Terimakasih

    ReplyDelete
  7. Sangat membantu bang 😊
    Kalau bisa next sambil di praktekin dalam sebuah lagu bang, kalau bisa lagu nasional biar gampang di mengerti 😊

    ReplyDelete
  8. ada yang salah itu mas, notasi angka nada La ke Si itu harusnya berjarak 1 nada. yg setengah nada itu ada disebelahnya yaitu nada Si ke Do. mohon dikoreksi

    ReplyDelete

 
agunge © 2012-2019 All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top