Sebelum belajar tentang Guitar Klasik ada baiknya kita belajar tentang not balok terlebih dahulu, karena banyak literatur yang kita temukan berbentuk not balok dan secara hakiki memang not balok adalah not yang universal.


Cara Membaca Not Balok


Not Balok terdiri dari 5 Garis dan 4 Spasi dalam not balok garis tersebut di beri nama Garis Paranada kalo dalam bahasa inggris di namakan Staff , Sedangkan simbol berbentuk bulat sering di sebut nilai nada dalam bahasa inggrisnya Notes dan dalam bahasa jawa banyak yang bilang not kecambah,,he22,,just guyon,,,ok lihat keterangan berikut.......

















Untuk nilai not pada birama yang satu berbeda dengan nilai not yang lain. oleh karena itu walaupun bentuknya sama nilai notnya akan berbeda pada birama yang berbeda, coba kita lihat tabel not berikut..















Dalam not balok juga terdapat Tanda Birama atau tanda mula, tanda ini menentukan banyaknya ketukan dalam sebuah birama/bar. Misalnya birama 4/4, 3/4, 2/4, 3/8, 6/8 dan masih banyak lagi untuk angka di atas menunjukan banyaknya ketukan tiap birama angka di bawah menunjukan nilai not pada ketukanya. sebagai contoh birama 4/4 yang berarti 4 ketukan tiap birama dan tiap ketukanya nilainya 1/4.











Berikut beberapa contoh birama :




  • Birama 4/4




  • Birama 3/4





  • Birama 2/4









  • Birama 3/8







  • Birama 6/8





Berikut ini saya sertakan  bagan guitar dan bagan not balok




Oke mungkin penjelasan di atas belum cukup jelas nantikan posting berikutnya, nanti saya akan membahas tentang Cara Praktis Belajar Guitar Clasik.

0 comments:

Post a Comment

 
agunge © 2012-2019 All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top